Tahukah Anda Perbedaan Adware, Spyware dan Virus ?

Inilah Bahaya Spyware, adware dan virus
Bagi orang kebanyakan Adware, spyware dan virus komputer adalah sesuatu yang sama. Biasanya mereka menyebutnya virus walaupun sebenarnya yang menyerang adalah adware atau spyware. Tapi tahukah Anda sebenarnya ketiganya berbeda. Lalu apa yang membedakan ketiganya? Ikuti penjelasan di bawah ini.

Spyware adalah perangkat lunak yang membahayakan komputer anda secara tidak sengaja. Mereka menciptakan jalur-jalur dimana orang lain, selain dari pemilik komputer, bisa mengakses langsung data di komputer. Biasanya spyware merekam berbagai jenis situs web yang anda kunjungi. Jejak tersebut oleh web pengiklan dimanfaatkan untuk mengirimkan email yang tidak diinginkan serta pop-up. Munculnya iklan dan popup ini biasanya membuat kita jengkel.

Spyware lebih mengganggu dari adware. Mereka memiliki program yang memungkinkan untuk merekam keystrokes anda, memindai file pada hard disk. Tak hanya itu saja mereka juga bisa melihat aplikasi lain yang anda gunakan tidak hanya terbatas pada program chatting, cookie dan pengaturan browser Web.

Spyware lalu akan mengirimkan informasi yang telah dikumpulkan ke spyware penulis. Agen kemudian akan menggunakan informasi ini untuk iklan dengan tujuan pemasaran. Mereka bahkan bisa saja mereka menjual informasi kepada pengiklan dan pihak lainnya.

Adware mirip dengan spyware, biasanya mereka satu paket dengan perangkat lunak gratisan. Atau bisa saja program dan diinstal secara otomatis atau perangkat lunak yang ditambahkan ke dalam sistem komputer. Beberapa bentuk adware, tiba-tiba download isi iklan tertentu sebagai aplikasi yang sedang digunakan. Sangat disayangkan sebagian besar program adware mengambil bentuk spyware yang memungkinkan mereka melacak dan melaporkan pengguna informasi kepada penulis program.

Beberapa tanda-tanda infeksi spyware termasuk iklan pop-up yang tampaknya tidak
berhubungan dengan situs yang sedang Anda lihat. Seringkali pop-up spyware berisi materi iklan isi dewasa. Bila ini komputer anda tiba-tiba begitu lambat ada kemungkinan spyware dan komponen lainnya telah menemukan jalan dalam sistem operasi Anda.

Terakhir adalah virus. Diantara ketiganya ini adalah yang paling berbahaya. Virus merupakan bentuk destruktif dari perangkat lunak. Mereka sengaja dirancang dan diciptakan untuk satu tujuan saja: yaitu menghancurkan dan menghadirkan kekacauan dalam sistem komputer. Mereka menghancurkan apa pun yang mereka datangi dan selanjutnya akan replikasi diri serta menginfeksi banyak komponen sistem operasi komputer atau mungkin jaringan.

Saat ini, banyak perangkat lunak anti-virus juga menyediakan scanning dan utilitas penghapusan spyware dan adware. Beberapa program difokuskan menghapus atau menghancurkan spyware dan adware. Selain menginstall program antivirus, jangan pernah tertipu dari iklan yang mengklaim bahwa produk mereka hanya mengandung adware. Adware ini mungkin spyware yang menyamar dan hanya menunggu dikerahkan untuk mengumpulkan informasi anda.

Sumber : berbagai sumber

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tahukah Anda Perbedaan Adware, Spyware dan Virus ?"

Post a Comment