Waspadai Pola Konsumsi Garam Anda

Bahaya konsumsi garam
Bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi mengurangi konsumsi garam menjadi salah satu cara menurunkan tekanan darah. Namun sekarang jika anda termasuk diantara mereka yang tengah menjalani diet natrium kiranya perlu lebih bijak lagi. Mengurangi konsumsi natrium secara berlebih justru meningkatkan kolesterol buruk dalam tubuh.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh sekelompok peneliti dari Denmark menemukan bahwa mengurangi asupan natrium secara drastis meningkatkan tingkat kolesterol. Peningkatan yang terjadi sekitar 2,5 %. Tak hanya itu saja, dalam penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Hypertension, hal itu juga meningkatkan potensi seseorang terkena serangan jantung.

Penelitian terbaru tersebut dipimpin oleh Niels A. Graudal, MD, seorang peneliti di Copenhagen University Hospital, di Denmark. Ini merupakan update dari penelitian serupa dan juga diterbitkan oleh penulis yang sama pada tahun 2003. Dr Graudal dan rekan-rekannya, mengklaim penelitian ini tak ada kaitanya industri garam dan makanan, kembali menganalisis data dari 167 studi. Penelitian tersebut masing-masing membandingkan sekelompok orang yang menurunkan asupan sodium mereka dengan kelompok yang mempertahankan diet normal mereka. Secara keseluruhan, pengurangan natrium rata-rata dalam studi adalah dramatis: 2.162 miligram per hari pada orang dengan hipertensi dan 3.358 miligram per hari pada orang dengan tekanan darah normal.

Namun hasil penelitian tersebut masih disangsikan oleh pakar lain yang tak terlibat dalam penelitian ini. Lawrence Appel, MD, seorang profesor epidemiologi di Johns Hopkins School of Public Health, di Baltimore, mengatakan berbagai riset dan analisis yang dilakukan dalam penelitian tersebut terlalu singkat untuk bisa memberikan data yang benar-benar valid.

“Durasi studi, sebagian besar panjangnya kurang dari 30 hari, adalah "isu utama," kata Dr Appel, karena "ketika ada pengurangan, besar mendadak dalam natrium, dibutuhkan waktu [bagi tubuh] untuk menyesuaikan diri. "

Dr. Appel menambahkan Natrium terkait peningkatan kolesterol kemungkinan besar akan seiring berjalannya waktu akan berkurang. Ia menambahkan, LDL (kolesterol buruk) jenis kolestreol yang paling erat terkait dengan serangan jantung, untuk dicatat hanya sebagian kecil dari peningkatan keseluruhan terlihat dalam analisis.

Departemen Kesehatan Amerika Serikat merekomendasikan membatasi asupan natrium sehari-hari maksimal 2.300 miligram, atau 1.500 miligram untuk populasi tertentu yang sangat sensitif terhadap natrium, seperti orang kulit hitam, orang berusia lebih dari 50, dan orang-orang dengan tekanan darah tinggi (hipertensi). Meski sudah dibatasi tetap saja asupan rata-rata di negeri Paman Sam itu lebih dari 3.000 miligram untuk kedua kelompok.



Anda mencari info lengkap seputar kesehatan? Dapatkan artikel seputar kesehatan di : B'Healthy Magazine.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waspadai Pola Konsumsi Garam Anda"

Post a Comment