Google Mengejar Mimpi Hadirkan Teknologi Mobil Tanpa Sopir

Mobil Tanpa Sopir Google
Konstruksiana - Percayakah Anda jika suatu saat mobil bisa melaju sendiri tanpa sopir di balik kemudi? Pasti Anda sulit mempercayainya, sebab mobil seperti itu selama ini hanya ada dalam film-film fiksi. Tapi tunggu dulu sebentar lagi hal tersebut bakal terwujud. Anda bisa naik mobil, dalam keadaan sadar, tanpa memegang kemudi sambil menyeruput kopi, SMS dengan teman atau membuka laptop.

Google telah menguji beberapa versi prototipe mobil self driving yang disetel di Mountain View, California. Raksasa mesin pencari ini sudah lama menguji teknologi mobil self driving salah satu bekerjasama dengan produsen mobil, Lexus. Kendaraan prototipe ini sudah melaju hampir satu juta mil perjalanan di jalan umum, dan terus diuji 10.000 mil setiap pekan. Selain Google ada banyak produsen mobil juga mengembangkan teknologi mobil tanpa pengemudi. Ada yang memprediksi tahun 2020 mimpi tersebut bisa menjadi kenyataan.

Masih Membutuhkan Banyak Uji Coba

Sistem radar, laser serta kamera saat ini sudah begitu canggih, kendaraan dengan mudah bisa memantau jalan di semua arah, bahkan melampaui apa yang bisa dilihat mata. Bagian yang sulit adalah mencari tahu apa yang harus dilakukan dengan semua informasi tersebut. Pada intinya, mobil membutuhkan otak elektronik, menguasai cara mengemudi di dunia seperti yang dilakukan manusia. Mereka harus tahu perilaku pengemudi lain, pejalan kaki dan pengendara sepeda, yang sering melakukan hal-hal tak terduga. Mereka juga perlu memahami perbedaan wilayah. Pengemudi di Boston, misalnya, berperilaku berbeda jika dibandingkan dengan Atlanta atau Los Angeles. Satu hal yang pasti aturan tak tertulis di jalan bisa sangat bervariasi.

Lingkungan kota yang sangat menantang bagi mobil tanpa pengemudi. Kemampuan mobil ini beroperasi di jalan raya harus didukung perangkat lunak dengan lebih banyak fleksibilitas dan kekuatan. Itu salah satu alasan Google (dan rivalnya, Apple) berharap kecerdasan perangkat lunak mereka bisa membantu memecahkan teka-teki ini.

Saat ini Google tengah menguji mobil baru berbentuk gelembung di jalanan dekat kantor di Mountain View. Uji coba ini semakin mendekatkan munculnya teknologi prediktif untuk kawasan perkotaan. Model terbaru google ini berbeda mobil self driving produk Lexus yang sudah berjalan. Prototipe terbaru Google ini, nampak seperti mobil golf dengan pintu.

Model mobil terbaru Google dirancang sebagai mobil yang otonom sepenuhnya di mana orang masuk, menetapkan tujuan dan bersantai mobil tanpa harus menyetir. Saat ini prototipe tersebut baru bisa melaju pada kecepatan maksimal 25 mil per jam. Untuk memenuhi persyaratan sementara mobil ini dilengkapi kemudi dan pedal sehingga dalam keadaan darurat pengemudi bisa mengambil alih. Setir kemudi merupakan persyaratan hukum, namun rencana Google adalah untuk membuat mobil yang bisa berjalan tanpa sopir.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Google Mengejar Mimpi Hadirkan Teknologi Mobil Tanpa Sopir"

Post a Comment