Tips Aman dan Nyaman Saat Belanja Online

Belanja online kini bukanlah hal yang asing lagi, bahkan sudah menjadi kebutuhan dan gaya hidup. Kebanyakan orang seringkali tak berpikir banyak ketika menggunakan kartu kredit untuk bertransaksi di internet. Di tahun 2011 lalu saja belanja online mencatat perputaran uang lebih dari US$156,9 miliar. Hal inilah yang membuat banyak orang tergiur mengeruk keuntungan dengan segala cara. Termasuk aneka macam penipuan dengan sasaran pembeli online pemula.

Pada dasarnya belanja via online memang memudahkan. Tetapi tetap saja ada hal-hal yang harus diwaspadai agar Anda bisa aman dan nyaman saat belanja via online. Berikut ini beberapa tips singkat agar aman belanja via internet :


1. Selalu Periksa dengan detil

Anda harus benar-benar memperhatikan benar apakah web tersebut benar-benar menjual barang atau hanya menyisipkan hal-hal lain yang bisa menyerang komputer anda.

2. Waspadai e-mail spam

Hati-hati dengan kiriman penawaran barang dan diskon besar melalui e-mail. Rata-rata e- mail spam membawa link palsu dan lampiran surat yang dapat menginfeksi perangkat Anda.

3. Gunakan Situs Belanja Yang Aman

Hanya menggunakan situs belanja aman. Ada dua jenis utama website di luar sana. Aman dan tidak aman. Situs aman menggunakan sesuatu yang disebut SSL dan biasanya diidentifikasi dengan tampilan gembok atau ikon lain di address bar. Selain itu, URL situs web harus dimulai dengan "https." Hal ini menjamin data yang ingin Anda mengirimkan informasi kartu kredit Anda sedang dienkripsi karena perjalanan di seluruh web.

4. Cek dan ricek pembayaran

Coba Anda periksa ulang prosedur pengisian laman pembayaran. Jika melalui pihak ketiga (eBay atau PayPal), pastikan Anda berada pada alamat benar. Waspada pihak-pihak yang ingin mencuri data-data kartu kredit anda untuk disalahgunakan.

5. Instal software pengaman

Bagi Anda para penggila belanja, sebaiknya menginstal software pengaman di perangkat Anda. Sehingga aktivitas anda aman dari gangguan pihak-pihak tak bertanggung jawab saat masuk ke dalam situs belanja.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Aman dan Nyaman Saat Belanja Online "

Post a Comment